Wednesday, July 12, 2017

Menelisik Fakta Unik tentang Pesawat A-10 Thunderbolt II


A-10 Thunderbolt II, merupakan pesawat Angkatan Udara AS pertama pasca Perang Dunia II yang dirancang untuk dukungan dekat dari udara bagi pasukan darat ( Close Air Support ). A-10 adalah sebuah pesawat jet sederhana, efektif dan berlapis baja sehingga lebih tahan tembakan
lawan dibanding pesawat-pesawat tempur lainnya.
A-10 berkursi-tunggal, bermesin Turbo dan ganda yang dirancang untuk menyerang sasaran diatasi tanah, termasuk tank dan kendaraan lapis baja lainnya. Pesawat A-10 hanya digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat dan direncanakan tetap dipakai sampai tahun 2028.

Dan berikut adalah beberapa fakta unik tentang Pesawat A-10 Thunderbolt II :


1) A-10 adalah satu-satunya pesawat Angkatan Udara AS yang hanya dirancang untuk mendukung serangan udara jarak dekat ( Close Air Support ) bagi pasukan darat.


2) Kokpit A-10 dikelilingi oleh "titanium" seberat 1.200 pound untuk melindungi pilot.

3) A-10 membawa meriam otomatis terberat yang pernah dipasang di pesawat terbang, GAU-8 / A Avenger 30 mm. Senapannya kira-kira 16% dari berat pesawat.


4) Ujung sayap dan ekor dibuat dengan desain panel sarang lebah, membuat mereka lebih tahan terhadap kerusakan di medan tempur.


5) Banyak A-10s memiliki kanopi palsu yang dilukis di perut pesawat untuk membingungkan musuh terhadap manuver A-10 itu sendiri.


6) Landing Gear bagian depan diimbangi untuk memberi ruang bagi senjata meriam GAU-8 Avenger 30mm


7) Ailerons secara signifikan lebih besar dari pada kebanyakan pesawat tempur lainnya, membuat A-10 dapat bermanuver pada kecepatan rendah.


8) Main Landing Gear pada A-10 tidak akan sepenuhnya masuk ke dalam dan menyisakan setengah dari roda nya diluar hal ini berfungsi untuk meminimalisir kerusakan bila pesawat harus mendarat tanpa landing gear


9) Pesawat ini dirancang untuk mampu terbang dengan satu mesin, satu ekor, satu elevator dan satu sayap.


10) Mesin yang terpasang tinggi miring ke atas 9 derajat untuk mencegah pesawat terbang turun.


11) Tunas 30 mm menembak habis cangkang uranium dengan kecepatan 3.900 putaran per menit.


12) Kemenangan udara-ke-udara A-10 yang pertama adalah pada tahun 1991, satu unit A-10 menembak jatuh sebuah helikopter dengan meriam GAU-8.


13) Secara total, lebih dari 700 A-10s telah diproduksi. Dan dengan puluhan ribu misi yang dijalankan selama 37 tahun, ini adalah pesawat Close Air Support ( CAS ) yang paling sukses sepanjang masa.


No comments:

Akhirnya, Pentagon rilis video fenomena UFO

Cuplikan video yang menunjukkan benda terbang tak dikenal Washington - Departemen Pertahanan AS ( PENTAGON ) secara resmi telah merilis tig...