Thursday, July 25, 2019

Tank Siluman yang tak kunjung diproduksi


Konsep Tank PL-01 dikembangkan bersama oleh OBRUM dari Polandia dan BAE Systems dari Inggris. Pengembangan dimulai pada tahun 2013.

Mock up tank pertama kali diungkapkan kepada publik pada tahun yang sama. Saat ini Tank PL-01 hanya sebagai demonstran teknologi. Direncanakan bahwa prototipe yang berfungsi penuh akan selesai pada 2016. Tank ini ditujukan untuk memenuhi persyaratan Angkatan Darat Polandia.

Beberapa sumber bahkan melaporkan bahwa Tank ini bisa beroperasi pada 2018. Namun akhirnya PL-01 tidak pernah melewati tahap prototipe. Saat ini Angkatan Darat Polandia mengoperasikan sekitar 900 tank tempur utama, termasuk Tank buatan lokal Polandia PT-91 Twardy dan German Leopard 2. Dan juga ada sekitar 400 MBT T-72 dalam penyimpanan. Awalnya direncanakan bahwa sekali dalam produksi, PL-01 juga akan diusulkan untuk pelanggan ekspor.


Pada tahun 2010 tank prototipe Anders lain terungkap di Polandia. Sejumlah besar kendaraan lapis baja sedang dikembangkan pada platform Anders. Ini termasuk kendaraan tempur infanteri, kendaraan fire support, pembawa rudal anti-tank dan lainnya. PL-01 juga dapat dilihat sebagai versi Anders yang telah di-uparmored.

PL-01 didasarkan pada Light Tank Swedia CV90120-T. Ini juga berbagi beberapa kesamaan dengan Light Tank Anders, yang didasarkan pada platform yang sama. Berat Tank PL-01 diklaim 35 t. Sumber lain melaporkan bahwa tank tersebut dapat berbobot sekitar 45-50 t.

Tank PL-01 direncanakan akan memiliki perlindungan modular dengan lapis baja-aramid multi-layer. Modul add-on tambahan yang rusak akan mudah diganti dalam kondisi apapun dilapangan. 
Diklaim bahwa armor depan dengan add-on armor akan memberikan perlindungan terhadap putaran penindikan armor 30- atau 40 mm. Direncanakan bahwa perlindungan add-on akan melawan putaran penindikan armor 14,5 mm. Tingkat perlindungan seperti itu membuat kendaraan ini lebih dekat ke Light Tank modern daripada Main Battle Tank sebenarnya. 
Lambung PL-01 akan memiliki tingkat perlindungan yang tinggi terhadap ranjau darat dan IED. Tank ini dirancang untuk menahan ledakan setara dengan 10 kg TNT di mana saja di bawah lambung. 
Direncanakan bahwa sistem perlindungan aktif akan diintegrasikan, Pemadaman kebakaran otomatis dan sistem perlindungan NBC akan dipasang.

Tank ini memiliki menara tanpa awak. Amunisi disimpan di kompartemen terpisah dengan panel blow-out. Direncanakan bahwa Tank akan dipersenjatai dengan pistol 120 mm, dilengkapi dengan autoloader. Pistol ini akan mampu menembakkan semua amunisi tank 120 mm standar NATO. Dikatakan bahwa tank ini akan mampu meluncurkan misil anti-tank dengan cara yang sama seperti putaran biasa. Sekitar 40 putaran direncanakan akan dilakukan untuk meriam utama, termasuk 12-16 putaran siap pakai. Meskipun itu tidak diketahui apakah mungkin untuk mengisi ulang autoloader di medan perang. Direncanakan bahwa sebuah tank dengan senapan 105 mm akan diusulkan untuk pelanggan ekspor.

Ada senapan mesin koaksial 7,62 mm. Juga ada stasiun senjata yang dikendalikan dari jarak jauh, dipersenjatai dengan senapan mesin 7,62 mm lainnya. Atau stasiun senjata dapat dilengkapi dengan senapan mesin berat 12,7 mm atau peluncur granat otomatis 40 mm.


Direncanakan bahwa sistem pengendalian kebakaran canggih dari Tank akan memiliki kemampuan Hunter-Killer. Sistem manajemen medan perang juga direncanakan akan dipasang.

PL-01 menggunakan teknologi siluman. Ini memiliki kamuflase termal yang membuatnya lebih sulit untuk dideteksi dengan sensor termal. Dikatakan bahwa seluruh Tank akan ditutup dengan bahan penyerap gelombang radio. Namun tidak diketahui apakah bentuk sudut Tank ini dimaksudkan untuk mengurangi penampang radar atau hanya untuk memberikan tampilan yang lebih futuristik.

Tank ini memiliki tiga awak, termasuk komandan, penembak, dan pengemudi. Komandan dan penembak masuk dan meninggalkan kendaraan melalui pintu belakang. Amunisi juga dimuat melalui pintu belakang. Tank ini memiliki kemampuan untuk membawa hingga empat tentara tambahan di dalam lambung menggantikan amunisi.


PL-01 didasarkan pada sasis dari Swedia CV90 IFV Swedia yang telah ada selama beberapa waktu dan direkomendasikan dengan baik. Kompartemen engine terletak di bagian depan lambung. Direncanakan bahwa Tank ini akan ditenagai oleh mesin diesel yang dikembangkan sekitar 1.000 hp, kemungkinan berasal dari Jerman. Transmisi otomatis juga masuk perencanaan.
Dikatakan bahwa PL-01 akan memiliki kecepatan hingga 50 km / jam.



No comments:

Akhirnya, Pentagon rilis video fenomena UFO

Cuplikan video yang menunjukkan benda terbang tak dikenal Washington - Departemen Pertahanan AS ( PENTAGON ) secara resmi telah merilis tig...