Friday, July 19, 2019

Mengenal JAS-39 Gripen E/F, si Pesawat cerdas


Gripen E/F dikembangkan untuk melawan dan mengalahkan ancaman paling canggih di ruang pertempuran modern dan terus berkembang untuk mengimbangi tantangan baru. SAAB telah

membangun sistem pesawat tempur yang cerdas dan dengan cepat merangkul teknologi dan taktik baru dengan cara yang akan selalu membuat SAAB unggul. Itu sebabnya dengan Gripen E/F, selalu unggul.

Gripen E/F selalu didepan


Di medan perang modern, pesawat tempur harus bertindak di lingkungan ancaman tinggi seperti ruang udara yang diperebutkan dan menangani Sistem Pertahanan Udara Terpadu. Gripen E / F membawa berbagai tindakan aktif dan pasif untuk mengganggu upaya musuh dan melindungi dirinya sendiri dan unit kawan lainnya. Sistem peperangan elektroniknya yang canggih, mirip dengan perisai elektronik, memungkinkan terganggunya kemampuan musuh menurunkan fungsi musuh secara efektif. Hal ini dapat digunakan untuk membantu penghancuran aset musuh atau hanya untuk mengurangi pemahaman dan kemampuan musuh untuk bereaksi.

Semua untuk memastikan keberhasilan misi, menggunakan persenjataan dan langkah-langkah penanggulangan terbaru. Kebebasan bertindak ini memungkinkan pilot Gripen E / F mengalahkan ancaman apa pun, di mana pun dan pulang dengan selamat.

Melihat apa yang tak terlihat


Kemampuan untuk menyerang atau menilai posisi musuh adalah fitur utama Gripen E / F. Gripen menggunakan semua data yang tersedia di battle cloud- baik yang berasal dari pesawat tempur Gripen atau unit berbasis udara, darat atau laut lainnya, dan menggabungkannya secara lokal di setiap platform, tetapi SAAB juga menggabungkan secara global dari beberapa unit Gripen.

Hasilnya: Kami dapat melihat apa yang tak terlihat.

Gripen E / F mengurangi kemungkinan terdeteksi dengan mengandalkan sensor pasifnya, atau melalui gangguan aktif. Ini berarti bahwa senjata dapat digunakan baik di luar titik dimana posisi lawan dapat merespons dan tanpa mereka sadari Gripen ada di sana.

Mengendalikan secara Intuitif


Ketika berada di puncak misi yang kompleks, otak manusia hanya dapat menangani sejumlah input sekaligus. Gripen E / F mencapai keseimbangan optimal antara ruang keputusan pilot dan pesawat tempur, membiarkan kecerdasan pesawat mengambil peran yang lebih besar.

Kecerdasan pejuang Gripen E / F memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri pada beberapa area secara bersamaan, dan dapat memberikan saran kepada pilot. Saran mulai dari apa saja antara pemilihan senjata dan manuver penuh pesawat, dapat berbagi dan menampilkan informasi taktis yang tepat, pada saat yang tepat memberikan gambaran ruang pertempuran yang dioptimalkan. Ini memungkinkan pilot Gripen untuk memegang kendali secara intuitif.

Beradaptasi dengan cepat dan tetap relevan


Gripen E / F adalah satu-satunya petarung yang dengan cepat beradaptasi dengan perkembangan yang sedang berlangsung dan tetap relevan dari waktu ke waktu. Dilengkapi dengan arsitektur avionik yang cerdas, algoritma lama dapat diganti dengan yang baru tanpa mengurangi ketersediaan pesawat yang tinggi. Arsitekturnya juga merupakan dasar untuk membuat pembaruan perangkat keras dan persenjataan yang cepat, dengan tingkat perubahan yang tinggi untuk setiap negara pelanggan. Dengan itu, Gripen E / F tidak hanya menjadi petarung cerdas saat ini tapi ia juga dirancang untuk menjadi petarung cerdas bagi generasi yang akan datang. Itu tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengikuti evolusi, tetapi juga memungkinkan Anda untuk memimpinnya. Inilah yang SAAB buat dan apa yang membedakan Gripen E / F dari pesawat tempur lainnya.

Fitur Gripen E / F

Misi Gripen E/F dapat dibandingkan dengan permainan catur skala besar, di mana pejuang memungkinkan Anda untuk mendapatkan kesadaran situasi yang tepat untuk mengomunikasikan informasi yang tepat untuk mengambil keputusan yang memadai. Analogi yang sama dengan permainan catur berlaku terlepas dari misi apa yng akan di aktifkan, apakah udara ke udara, pengintaian atau udara ke darat. Dalam semua kasus, pesawat tempur membutuhkan seperti berikut ini:

- Informasi
- Pergerakan
- Senjata

Pesawat tempur Gripen E / F dilengkapi dengan teknik terbaru yang tersedia di 3 hal tersebut. Di sini SAAB menyajikan beberapa fitur yang membuat Gripen E / F menjadi pesawat tempur cerdas.


AESA adalah singkatan dari Active Electronically Scaned Array, berbeda dengan radar generasi sebelumnya, AESA tidak hanya memiliki satu antena tetapi juga array yang penuh dengan antena kecil, yang disebut elemen. Ini berarti radar dapat secara bersamaan dan independen melacak target yang berbeda, dan juga melacak target secara independen dari volume pencarian.


Gripen E / F adalah Pesawat yang memiliki kemampuan Network Centric dan dapat berkomunikasi dua cara dengan semua unit bersenjata, memiliki sistem hubungan data multi-frekuensi yang aman dan memberikan kesadaran situasi secara total. Informasi yang diperoleh bersama dengan informasi tentang setiap posisi Gripen, status bahan bakar dan status senjata dibagikan dengan pesawat Gripen lainnya melalui tautan data.


Gripen E / F dibangun untuk daya tahan tinggi di lingkungan pertempuran. Taktik Gripen didasarkan pada penggunaan berbagai kemampuan peperangan elektronik secara cerdas. RWR (Radar Warning Receiver) adalah sumber untuk sensor yang akurat mendeteksi ancaman yang dipancarkan seperti radar. Dan sistem Missile Approach Warning (MAW) dapat mendeteksi dan melacak semua jenis rudal yang masuk dalam area pendeteksiannya.


IRST sistem elektro-optik yang dipasang di bagian atas hidung, tepat di depan kanopi, dan sedang menantikan sektor luas yang untuk melacak emisi panas dari pesawat lain, helikopter dan dari benda-benda di permukaan tanah dan laut.


Hampir semua senjata dapat diintegrasikan, memberikan Gripen E / F fleksibilitas senjata yang sangat tinggi. Ini sebagian karena arsitektur avionik yang fleksibel. Karena kemudahan integrasi senjata baru yang terdokumentasi dengan baik, Gripen menjabat sebagai platform uji utama untuk Meteor ( Rudal Udara ke Udara jarak jauh )


Sistem EW yang sangat canggih dapat berfungsi sebagai sensor pasif atau aktif, peringatan untuk rudal atau radar yang mengunci pesawat, hal ini juga dapat digunakan untuk serangan elektronik dan mengganggu radar lawan. Digabungkan dengan tindakan pencegahan seperti chaff and flare, sistem EW dapat meningkatkan kemampuan bertahan hidup.

Kemampuan Multi-role


Gripen E / F memiliki senjata untuk semua jenis misi, mulai dari bom berpemandu untuk tingkat akurasi yang tinggi terhadap target dan dapat meminimalisir collateral damage, hingga rudal udara-ke-udara yang lincah dan gesit serta persenjataan berat anti-kapal.

Gripen E kursi tunggal dilengkapi dengan senapan Mauser BK27 27 mm yang dapat digunakan dalam serangan udara ke permukaan terhadap sasaran darat dan laut dan cocok untuk misi patroli udara. Gripen E / F juga dapat membawa pod dan sensor untuk misi pengintaian khusus diantaranya Litening, Reccelite, DJRP dan MRPS pod.

No comments:

Akhirnya, Pentagon rilis video fenomena UFO

Cuplikan video yang menunjukkan benda terbang tak dikenal Washington - Departemen Pertahanan AS ( PENTAGON ) secara resmi telah merilis tig...