Tuesday, November 19, 2013

pesawat tanpa awak masa depan ( x-47B )



Angkatan Laut Amerika Serikat memperkenalkan jet tempur pertamanya tanpa awak yang dikendalikan dengan kecerdasarn artifisial (artificial intelligence).

Pesawat tempur ini diklaim dapat berpikir dan menentukan target dengan sedikit sekali campur tangan manusia.
Pertama kali dalam sejarah, Angkatan Laut AS (US Navy) memperkenalkan pesawat jet tempur tanpa awak. Pesawat bernama X-47B ini merupakan
robot pesawat terbang yang dapat dikerahkan langsung dari kapal induk milik US Navy.
Kapal induk USS Harry S Truman memiliki kehormatan menjadi kapal induk modern pertama yang didaulat menjadi tempat untuk pengujian pesawat tak berawak ini.
Dari atas USS Harry S Truman, X-47B ini menjalani berbagai rangkaian uji coba di tengah laut pada awal pekan lalu. Jika pesawat ini mampu melewati seluruh ujian yang dilakukan, maka alat pembunuh ini bisa secara mandiri mendarat dan bertugas di kapal induk AS tersebut.
"Kami telah melakukan pengujian terhadap pesawat tak berawak ini dalam beberapa tahun terakhir dan pada akhirnya meletakkannya di dalam sebuah kapal adalah sangat mengagumkan. Jika tes penerbangan ini berhasil, mereka membuktikan bahwa masa depan pesawat tak berawak terbuka lebar," ujar Komodor Kevin Watkins, kepala program uji coba penerbangan dari The Navy Unmanned Combat Air System, seperti dinukil dari LiveScience.
Dikembangkan selama lima tahun, X-47B dirancang untuk bisa mengudara dan terbang dengan hanya beberapa kali klik pada mouse di depan komputer. Pesawat ini memiliki unit pengendali canggih yang mampu berpikir secara independen, melakukan tugas dengan benar dan menentukan sendiri target selanjutnya.
Walaupun X-47B mampu menentukan target sendiri, namun pihak Pentagon menjamin bahwa yang menekan pelatuk untuk menembak tetap adalah manusia.
Pesawat jet tempur ini memiliki lebar kurang lebih 19 meter. Bentuknya menyerupai piring terbang dengan sayap yang dapat dikembangkan otomatis. Sejauh ini, tidak ada pengujian senjata yang dilakukan oleh X-47B.
"Ini sangat berarti bagi kru kami dapat menjadi bagian dari sejarah angkatan laut. Kami memiliki pelaut yang menerima pelatihan tambahan untuk memindahkan X-47B dengan aman dan mereka sangat antusias ikut berkontribusi dalam pengujian," kata Letnan Komodor Larry Tarver, petugas yang menangani pesawat di kapal induk USS Harry S Truman.
Pesawat ini dirancang oleh perusahaan Northrop Grumman yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan aviasi militer terkemuka AS, seperti Pratt & Whitney dan Lockheed Martin. [mor]

No comments:

Akhirnya, Pentagon rilis video fenomena UFO

Cuplikan video yang menunjukkan benda terbang tak dikenal Washington - Departemen Pertahanan AS ( PENTAGON ) secara resmi telah merilis tig...